Kamis, 14 Maret 2013

Cek Hasil Input Data Dapodik Sekolah di Pendataan Dikdas Kemdikbud

Cek Hasil Input Data Dapodik Sekolah di Pendataan Dikdas Kemdikbud - Sebelumnya, pendataan pendidikan terkait dengan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) sekolah khususnya di sini adalah jenjang pendidikan dasar sekarang telah menggunakan sistem online.

Cek Hasil Input Data Dapodik Sekolah di Pendataan Dikdas Kemdikbud

Data pokok pendidikan sekolah atau segala yang terkait dengan sekolah, datanya diinput oleh operator sekolah yang telah ditugaskan melalui aplikasi pendataan pendidikan yang tersedia di website infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id. Sekolah yang telah memiliki aplikasi pendataan selanjutnya melakukan input data berupa data sekolah, sarana-prasarana, siswa maupun data pendidik dan tenaga kependidikan selengkap-lengkapnya untuk kemudian dikirim secara online ke server pusat pendataan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Untuk mengetahui data sekolah yang dikirim sudah diterima oleh server atau belum, operator aplikasi pendataan pendidikan masing-masing sekolah dapat mengeceknya secara online. Berikut cara melihat atau mengecek hasil input data dapodik sekolah yang dikirim ke server pusat.

    Pada halaman utama, cari dan pilih Provinsi yang sesuai. Klik tanda plus (+) yang ada pada samping kiri nama Propinsi. Setelah terbuka, akan ada daftar nama Kabupaten.

    Klik lagi tanda plus (+) pada Kabupaten untuk melihat daftar Kecamatan.

    Lalu klik lagi tanda plus (+) pada Kecamatan untuk melihat daftar nama-nama sekolah, kemudian cari nama sekolah yang dimaksud.

    Apabila sudah diterima maka akan ada keterangan tanggal diterima dan statusnya, jika tertulis berhasil diproses berarti sudah diterima server, jika masih status kosong berarti sekolah belum mengirim data atau gagal dalam pengiriman ke server.


Jika data sekolah telah berhasil diproses, operator sekolah dapat mengaksesnya secara online di Pendataan Dikdas Kemdikbud.

    Ketik atau masukkan username dan password operator sekolah (yang dipakai operator sekolah untuk masuk ke Aplikasi Pendataan)

    Jika berhasil, Anda diminta menunggu dan akan tertulis "login berhasil, tunggu sebentar"

Cek Hasil Input Data Dapodik Sekolah di Pendataan Dikdas Kemdikbud

Berikut contoh tampilan halaman jika berhasil login. Anda bisa melihat input data yang telah dilakukan terkait data sekolah, sarana-prasarana, siswa maupun data pendidik dan tenaga kependidikan.

Cek Hasil Input Data Dapodik Sekolah di Pendataan Dikdas Kemdikbud

Kunjungi link ini untuk melihat post cek verifikasi data guru/PTK di P2TK Dikdas Kemdikbud, dan link ini untuk melihat kelengkapan isian data PTK di Dapodik yang wajib diisi terkait tunjangan. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar